peluang usaha
peluang usaha
gizmag

fashingnet.com-PERUSAHAAN yang didirikan oleh presiden Ferrari Luca Cordero di Montezemolo yaitu Nuovo Transporto Viaggiatori (NTV), melepas 25 unit kereta mewah berkecepatan tinggi di Italia. NTV adalah jaringan kereta api swasta pertama di Italia, sekaligus sebagai perusahaan pertama di dunia yang menggunakan kereta Alstom AGV generasi terbaru.


Meskipun diberi nama 'Italo', aura Ferrari nampaknya sudah terwakili dengan warna merah menyala serta kecepatan yang dimiliki kereta tersebut. Dalam waktu dekat masyarakat Italia bisa naik Ferrari secara berombongan selama mereka bisa membeli karcis.


Kereta Italo pada dasarnya adalah kereta Alstom AGV dengan jiwa Ferrari dengan tampilan luar serta perlengkapan dalam yang dirancang secara customized untuk NTV. Transportasi massal ini juga dilengkapi teknologi perkeretaapian yang sangat canggih.


Yang paling penting, sistem penggeraknya didistribusikan ke seluruh rangkaian kereta, bukan dikonsentrasikan hanya pada lokomotif depan maupun belakang saja. Atau dengan kata lain kereta ini menganut sistem penggerak yang mendekati all-wheel-drive.


Setiap gerbongnya memiliki sistem penggerak yang berisi motor listrik model permanent magnet synchronous yang mampu meningkatkan ruang penumpang hingga 20 persen dan menghasilkan perbandingan tenaga dan bobot dengan rasio 22,6 kW/ton.


Hal ini tentu tidak akan berhasil tanpa pertimbangan lainnya. Langkah pertama adalah mengurangi jumlahbogie untuk mengurangi turbulensi dan hambatan udara. Bogie adalah komponen di mana roda-roda berjumlah empat bertumpu.


Sebuah gerbong kereta biasanya memiliki dua bogie untuk menumpu bagian depan dan belakang. Namun untuk NTV, bogie ditempatkan di antara gerbong yang otomatis membuatnya lebih ringan.


Langkah berikutnya meningkatkan aerodinamika dengan mengoptimalkan desain hidung kereta dan penutupbogie yang mampu mengurangi hambatan udara hingga 15 persen.


Dengan memanfaatkan material komposit, bobot total kereta menjadi 70 ton lebih ringan dibanding kereta sejenis lainnya. Alhasil, kecepatan tinggi dapat dicapai dengan mengonsumsi tenaga yang lebih rendah. Konsumsi energi tiap bangkunya dikatakan sekitar 30 persen lebih rendah dibandingkan kereta cepat yang sudah ada.


Keuntungan lainnya, ruang interior menjadi lebih luas dengan lantai lebih rendah 10 sentimeter dibanding kereta generasi sebelumnya sehingga meningkatkan kestabilannya dan kemudahan akses keluar masuk. Permukaan jendela juga bisa dibuat lebih luas 15 persen sehingga ruang lebih terang dan lebih bebas menikmati pemandangan.


Kereta Ferrari juga memiliki peralatan lengkap yang menggoda pelanggan transportasi udara beralih ke moda transportasi rel. Mulai saluran internet nirkabel yang anti terputus, pusat media pribadi dan pasokan listrik hingga sistem intertainment dalam gerbong yang menawarkan pertunjukan bioskop yang kita inginkan.


Bahkan untuk kelas ekonominya saja telah dilengkapi berbagai kelengkapan yang cukup mewah seperti jok kulit yang nyaman untuk menikmati rute perjalanan dari ibu kota Italia menuju Milan degan ongkos sekitar 45 Euro (sekitar Rp534 ribu).


Dalam hal kenyamanan penumpang, kereta NTV memiliki sistem peredam suara dan getaran yang sangat efektif. Pada kecepatan 350 km/jam, tingkat kenyamanan akustik setara dengan kereta cepat lain pada kecepatan 300 km/jam.


Selain itu, bodi kereta dilapisi material yang yang tidak terpengaruh oleh gelombang tekanan dalam upaya mengurangi tekanan udara pada gendang telinga yang biasanya akan terasa saat melewati terowongan.


Dalam hal keselamatan, bentuk hidung lokomotif yang panjang tersebut tidak hanya didesain atas nama aerodinamika, tetapi juga merupakan rongga penyerap energi dengan total hampir 6 meter. Saat terjadi tabrakan frontal, kereta mampu menyerap benturan hingga 4,5 megajoule tanpa mengorbankan kabin masinisnya.


Rasa aman yang disajikan oleh kereta ini ketika terjadi tabrakan adalah karena gerbong-gerbong tidak akan melipat seperti alat musik accordion yang umumnya terjadi pada kereta biasa.


Pasalnya setiap bogie difungsikan sebagai penyambung di antara gerbong yang memberikan kekakuan tambahan secara keseluruhan dan memberikan perlindungan tambahan terhadap efek angin dari arah samping.


Mulai 28 April, rangkaian kereta pertama akan melesat pada rute Naples-Roma-Florence-Bologna-Milan. Rencananya layanan akan dipeluas ke Salerno, Turin dan Venice menjelang akhir tahun ini dengan pengoperasian sekitar 25 kereta Italo. (OL-07)


http://www.galaxymaya.com/2012/04/kereta-api-cepat-ferrari-siap.html

Jangan Lupa di Like ya....







Tinggalkan Komentar